Contoh Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba | Pintar Pidato | Kumpulan Naskah Teks Pidato Terlengkap

Contoh Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba

Contoh Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba - Assalamualaikum wrwb.
Dalam kesempata yang baik ini, ijinkan saya berada di hadapan rekan2 semua, untuk menyampaikan sebuah pidato tentang bahaya narkoba.

Apa sih narkoba itu?  Narkoba (singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan/zat yang jika dimasukkan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.

Narkoba atau NAPZA adalah bahan/zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan/psikologis seseorang (pikiran, perasaan dan perilaku) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologis. Yang termasuk dalam NAPZA, yaitu narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.


Bahaya narkotika untuk kesehatan yang terberat adalah efek ketergantungan obat itu sendiri. Efek buruk yang ditimbulkan bagi para pecandu narkoba adalah keinginan untuk selalu memakainya secara berulang. Bila tidak memakainya kembali akan ada rasa sakit yang dialami para penderita dengan ketergantungan terhadap narkotika ini.

Bila narkoba digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal.

Makin hari, jumlah penyalahgunaan narkoba menunjukkan angka yang mengkhawatirkan. Menurut data BNN, per Agustus 2013, jumlah pengguna narkoba di Indonesia ada sekitar 4,9 juta orang. Dari jumlah itu, 22 persennya adalah pelajar. Sangat memprihatinkan. Juga, dalam setiap harinya ada sekitar 40 orang yang meninggal dunia akibat penyalahgunaan narkoba ini.

Untuk itu, pemberantasan penyalahgunaan narkoba harus menjadi kesadaran semua pihak. Kita semua harus bahu-membahu. Dan khusus untuk para pemuda, ingatlah, bahwa masa depanmu masih luas membentang di depan sana. Jangan hancurkan ia dengan narkoba!

No comments:

Copyright © Pintar Pidato | Kumpulan Naskah Teks Pidato Terlengkap. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design