Teks Pidato Tentang Hari Pendidikan Nasional | Pintar Pidato | Kumpulan Naskah Teks Pidato Terlengkap

Teks Pidato Tentang Hari Pendidikan Nasional

Assalamualaikum Wr.Wb
Yang terhormat bapak/ibu Kepala SMP….
Yang sangat saya hormati bapak dan ibu guru berserta jajarannya
Yang saya sayangi teman-teman sekalian

Terucap syukur yang teramat dalam kepada sang pencipta kita Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat dan rahmat yang sangat luar biasa sehingga kita dapat berkumpul dalam pertemuan ini dalam keadaan yang tidak kurang suatu apapun. Shalawat serta salam tak henti-hentinya kita ucapkan kepada nabi besar kita, nabi akhir zaman nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju ke zaman yang terang benderang dengan ilmu seperti saat ini.

Hadirin yang berbahagia,
Hari ini tepatnya tanggal 2 mei kita semua memperingati “hari Pendidikan Nasional” dimana seperti yang kita rasakan Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita, ini dapat diartikan juga bahwa setiap individu memiliki hak untuk mendapatkan dan mengembangkan dalam hal pendidikan serta merupakan pintu gerbang utama kita dalam melihat dan menyikapi keadaan dunia. Walaupun seperti yang kita ketahui, bahwa pendidikan yang pertama kali kita dapatkan adalah pendidikan dilingkungan keluarga.

Jika kita berbicara tentang pendidikan, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang siapa pelopor dibaliknya, “K.H DEWANTARA”. Siapa yang tidak mengenalnya?. Beliau merupakan sosok penggagas pendidikan di Indonesia, peranannya sangatlah penting dan berdampak sangat besar bagi masyarakat Indonesia. Sehingga tanggal kelahirannya pun dijadikan sebagai hari bersejarah, yakni     “hari Pendidikan Nasional”. Tidak hanya itu salah satu dari beberapa semboyan ciptaannya adalah “tut wuri handayani” yang kini menjadi slogan Kementrian Pendidikan Nasional Indonesia.

K.H DEWANTARA merupakan Pahlawan yang berjuang untuk kemajuan masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan. Dahulu, dalam pengasingan di Belanda “soewardi” yang kita kenal sekarang dengan bapak pendidikan ini mengikuti organisasi para pelajar Indonesia, disini ia juga merintis cita-citanya memajukan kaum pribumi dengan memperoleh ilmu pendidikan.

Setelah kembali ke Indonesia tahun 1919, soewardi dengan sekatan langsung bergabung dalam sekolah binaan saudaranya sebagai tenaga pengajar. Dan setelah mendapat pengalaman mengajar inilah kemudian beliau mendirikan sekolah yang menjadi tempat kaum pribumi mendapat pendidikan yang layak, yang kemudian dinamakan “TAMAN SISWA”.

Teman-teman semua,
Setelah kita mengingat sejarah tentang hari pendidikan dan mengingat kembali perjuangan K.H DEWANTARA, betapa beliau sudah banyak berkorban untuk kita semua. Mengalami pengasingan dan perlawanan dari orang-orang yang tidak setuju dengan cita-citanya.

Di hari yang baik ini, Marilah kita teruskan perjuangan yang telah ditorehkan K.H DEWANTARA, jangan sia-siakan perjuangan yang telah dilakukan oleh beliau. Sebagai pelajar, perjuangan yang paling baik yang dapat kita lakukan adalah dengan menuntut ilmu. Terus lah menuntut ilmu sampai ke liang lahat.   Teruslah berjuang agar generasi muda kita mampu menyetarakan diri dimata dunia.

Demikian pidato saya, mohon dimaafkan jika terdapat kekurangan dan kepada sang pencipta kita saya mohon diampunkan.
Wassalamualikum Wr.Wb.

No comments:

Copyright © Pintar Pidato | Kumpulan Naskah Teks Pidato Terlengkap. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design