Contoh Teks Pidato Menyambut HUT RI 17 Agustus | Pintar Pidato | Kumpulan Naskah Teks Pidato Terlengkap

Contoh Teks Pidato Menyambut HUT RI 17 Agustus

Assalamualaikum Warakhmatullahi Wabarakkatuh

Yang Terhormat Kepada Bapak Kepala Sekolah
Yang Terhormat Kepada Bapak Ibu Guru dan Staff Karyawan Sekolah
Dan Tak lupa kepada teman teman yang saya sayangi

Marilah kita panjatkan yang tiada hentinya-hentinya kepada sang pencipta alam raya ini, Allah SWT yang atas kuasanya mampu membuat kita bisa sampai disini tanpa kurang suatu apapun. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada nabi yang menjadi tauladan bagi seluruh umat islam dibumi ini. Nabi Muhammad SAW yang selalu dan selalu kita harapkan pertolongannya dihari akhir.


Teman teman yang saya cintai,
Hari ini negeri kita tercinta genap berusia … tahun, setelah negari kita mengalami perjuangan yang panjang dan akhirnya merdeka pada tanggal 17 agustus 1945. Tanggal yang akhirnya kita selalu peringati setiap tahunnya menjadi “hari kemerdekaan” negara kita tercinta ini. Dalam kesempatan yang baik dan tepat ini, semoga kita semakin menumbuhkan rasa cinta kita terhadap tanah air kelahiran kita, menumbuhkembangkan rasa patriotisme dan nasionalisme yang semakin hari semakin luntur dikalangan generasi muda.karena pada hakikatnya, generasi mudalah yang menjadi ujung tombak dari sebuah negara yang besar.

Masih ingat kah teman-teman semua tentang kalimat yang pernah dikatakan oleh presiden pertama RI yang berisi, “berikan aku 10 pemuda, maka akan aku guncangkan dunia”. Jika kita telisik lebih dalam makna dari kalimat tersebut sangatlah besar dan dalam. Betapa tidak, peranan pemuda yang tangguh mampu merubah bangsa yang dianggap sebelah mata hingga menjadi bangsa yang luar biasa. Itu semua hanya bisa dilakukan jika kita memiliki pemuda yang tagguh, pemberani, dan pantang menyerah serta memiliki karakter.

Namun sayangnya, saat ini peran pemuda di negara kita sangatlah minim bahkan tidak tampak. Jika kita kembali mengingat perjuangan para pahlawan kita dalam meraih kemerdekaan, sedih rasanya jika hasil dari perjuangan mereka tidak kita hargai. Betapa tidak, pemuda saat ini sangat memprihatinkan jauh kita memimpikan pemuda yang bisa menjadi pemimpin dan meneruskan tampuk kepemimpinan, pemuda saat ini lebih cenderung bersikap individualime, bersikap hedonisme (hura hura), terjadinya kejahatan asusila serta kriminal dan runtuhnya jiwa nasionalisme dikalangan generasi muda.

Jika kondisi pemuda kita saat ini seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, maka seharusnya kita menyadari bahwa sesungguhnya jiwa patriotisme dan nasionalisme harus ditumbuhkan sejak usia dini. Jangan remehkan tentang pentingnya memiliki jiwa patriot. Karna melalui sikap dan jiwa patriotisme secara tidak disadari hal itu menyumbang peran besar dalam menjalin kerukunan antar manusia, menghargai perbedaan suku, ras, dan kasta.

Teman-teman yang saya sayangi,
Dengan kenyataan tentang kondisi pemuda dinegara kita saat ini, tak lantas membuat kita menjadi patah arang. Kita sebagai generasi muda yang menyadari kesalahan yang terjadi ini hendaknya menjadikan hal ini sebagai motivasi untuk mulai memperdulikan nasib bangsa kita kelak. Karena jika hal itu sudah mampu kita lakukan, akan lebih mudah untuk generasi-generasi mencontohnya.


Marilah kita generasi muda penerus bangsa Indonesia untuk bangkit kembali, memperjuangkan bangsa Indonesia, membangun negeri dan selalu bersemangat serta selalu optimis untuk memberikan yang terbaik kepada tanah ait tercinta. Hal tersebut dapat kita buktikan dengan belajar dan berprestasi, mengharumkan nama bangsa dikancah dunia, mengisi kemerdekaan Indonesia dengan sebaik baiknya serta dengan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Para pemuda generasi bangsa,
Yakinilah jika kita mampu membuat perubahan untuk bangsa yang sangat kita cintai, dan senagt terus unutk kita semua. Selamat berjuang !!!!

Saya akhiri pidato ini, mohon maafkan segala kekurangan.
Wassalamualaikum Wr.Wb

No comments:

Copyright © Pintar Pidato | Kumpulan Naskah Teks Pidato Terlengkap. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design