Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pentingnya Pendidikan di Sekolah

 

PintarPidato - Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pentingnya Pendidikan di Sekolah - Dalam kesempatan kali ini, Pintar Pidato akan berbagi cotoh teks pidato yang berkaitan dengan pendidikan, terkhusus tentang arti pentingnya pendidikan di sekolah bagi anak usia sekolah. Silakan disimak dan semoga bermanfaat.

Assalamualaikum wrwb.
Yang kami hormati Bapak Kepala sekolah dan wakil SMP...
Yang kami banggakan Bapak/Ibu dewan guru dan karyawan SMP...
Yang kami cintai segenap orang tua/wali siswa SMP...

Tiada kata yang pantas untuk diucapkan pada pagi hari ini, selain dari ucapan syukur alhamdulillah atas nikmat dan karunia yang Allah berikan kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di ruangan sederhana ini tanpa ada kekurangan suatu apapun.

Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW dan segenap keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang senantiasa istiqomah hingga yaumil qiyamah. Amin ya robbal alamin.

Hadirin yang kami homati...
Sebelumnya, ijinkan kami yang penuh dengan keterbatasan ini tampil di hadapan Bapak/Ibu sekalian. Kami bukanlah yang terbaik, tapi keberadaan kami di depan Bapak/Ibu sekalian ini karena sebuah  amanah yang harus kami tunaikan. Untuk itu, jika nanti dalam penyampaian kami ada tutur kata kami yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu sekalian, maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Berbicara tentang arti pentingnya pendidikan di sekolah bagi anak-anak usia sekolah, ada satu hal yang patut kita garisbawahi. Apa itu? Hal yang kami maksudkan adalah peradaban manusia. Apa sih kaitan antara pentingnya pendidikan dan peradaban manusia?

Maju mundurnya   kualitas   peradaban   suatu   masyarakat/bangsa sangat bergantung pada bagaimana kualitas pendidikan diselenggarakan oleh masyarakat.

Hadirin sekalian...
Sejarah  membuktikan  bahwa  hanya  bangsa-bangsa  yang  menyadari  dan  memahami makna  strategisnya  pendidikanlah  yang  mampu  meraih  kemajuan  dan  menguasai  dunia. Bagaimana  pun,  pendidikan  merupakan  alat  terefektif  bagi  perubahan  dan  pencapaian kemajuan dalam berbagai demensi kehidupan.

Dilihat  dari  perspektif  kebudayaan,  pendidikan  merupakan  upaya  sivilisasi, enkulturisasi.  Dari  perspektif  politik,  pendidikan  dipandang  sebagai langkah  untuk membentuk  warga  negara  yang  baik  (good  citizen) warga  yang  taat  aturan,  beradab, bertanggung  jawab,  dan  memahami  hak  dan  kewajiban  secara  proporsional.  Kemudian secara ekonomi, adalah jelas bahwa pendidikan merupakan “human capital investment”.


Pengetahuan, keterampilan,  dan  etos  kerja  yang  dibentuk  melalui  proses  pendidikan berkorelasi   positif   bagi   peningkatan   penghasilan   dan   kesejahteraan.   Karena   itulah, perspektif  ekonomi  menyakini  bahwa  hanya  lewat  upaya  pendidikan  kesejahteraan ekonomi   dapat   dibangun.   Ke
mudian   dari   perspektif   filosofis, bahwa   pendidikan merupakan  upaya  humanisasi  yang  sesungguhnya.  Melalui  pendidikan  maka  manusia dibentuk,    dikonstruksikan    dan    diarahkan    agar    menjadi    manusia    sesungguhnya (humanized   human   being),   makhluk   rasional   yang   memiliki   dan   memahami   nilai humanitas   yang   berlaku   secara   universal.   Demikian   pula,   dari   perspektif   agama, pendidikan  ditempatkan  pada  posisi  tertingi  karena  fungsinya  yang  membentuk  perilaku teratur sesuai ajaran Tuhan yang diimaninya.

Bapak/Ibu yang kami hormati...
Menyadari   penting   dan   strategisnya   pendidikan   dalam   proses   dinamika kehidupan  manusia,  maka  para  pendiri  bangsa  kita,  telah  memberikan  perhatian  dan kepedulian  tinggi  terhadap  pembangunan  pendidikan  nasional.  Para founding  fathers bangsa ini memandang bahwa melalui upaya pendidikan, bangsa kita akan dapat melakukan perubahan  ke  arah  kemajuan.  Sikap  tersebut  tercermin  dalam  Pembukaan  UUD  1945 yang  mempertegas  tujuan  pembentukan  Pemerintah  Negara  Republik  Indonesia,  yakni melindungi    segenap    bangsa    Indonesia    untuk    memajukan    kesejahteraan umum, mencerdaskan   kehidupan   bangsa   dan   ikut   melaksanakan   ketertiban   dunia   yang berdasarkan  kemerdekaan,  perdamaian  abadi  dan  keadilan  sosial.

Bahkan  UUD  1945 menyatakan  bahwa;  1)  setiap  warga  negara  berhak mendapatkan  pendidikan,  2)  setiap warga Negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayai, serta 3)  pemerintah  mengusahakan  dan  menyelenggarakan  satu  sistem  pendidikan  nasional yang   meningkatkan   keimanan   dan   ketaqwaan   serta   akhlak   mulia   dalam   rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pertanyaannya   adalah   pendidikan   seperti   apa   yang   mampu mencerdaskan kehidupan  bangsa?
Model pendidikan bagaiman  yang mampu  membentuk  manusia Indonesia  yang beriman,  bertaqwa,  dan berakhlak  mulia?  Tidak  terlalu  mudah  untuk menjawab  persoalan  tersebut.


Nah, hal itu kini menjadi PR bagi kita semua, mulai dari pakar ahli pendidikan, pemegang kekuasaan di negeri ini, guru, orang tua dan siapa saja, untuk bersama-sama berfikir, merumuskan dan bertindak yang terbaik bagi pendidikan anak-anak bangsa ini.

Karena ketahuilah, baik buruknya generasi mendatang sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan di masa sekarang. Mari kita renungkan bersama.

Demikian saja yang bisa kami sampaikan, semoga pidato singkat kami tentang arti pentingnya pendidikan di sekolah ini bermanfaat. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kami akhiri, wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.
Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pentingnya Pendidikan di Sekolah 4.5 5 Mas Koen PintarPidato - Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pentingnya Pendidikan di Sekolah - Dalam kesempatan kali ini, Pintar Pidato akan berbagi c...


No comments: