Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kebersihan Sebagian dari Iman | Pintar Pidato | Kumpulan Naskah Teks Pidato Terlengkap

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kebersihan Sebagian dari Iman


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu wata'ala yang telah melimpahkan nikmat iman dan Islam kepada kita semua. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw...

Hadirin sekalian yang kami hormati...
Dalam rangka menyambut penyelenggaraan lomba kebersihan kelas semester ini, maka ijinkan saya berdiri di hadapan Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian untuk menyampaikan sepatah dua patah kata terkait kebersihan.

Baca juga: Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD Terbaru 2018

Agama kita, Islam sangat menganjurkan tentang kebersihan ini. Dalam Islam malah ada satu bab khusus yang membahas tentang kebersihan, yaitu bab Thoharoh.

Dalam Islam, semua sudah di atur. Mau sholat kita diwajibkan untuk bersih yaitu dengan berwudhu. Saat sedang buang air kecil atau buang air kecil, kita diwajibkan untuk beristinja', yaitu membersihkan anggota tubuh tertentu dari kotoran. Saat sedang berhadats besar, kita diwajibkan untuk mandi janabat atau mandi wajib. Intinya, Islam sangat memperhatikan kebersihan, baik itu kebersihan diri dan juga kebersihan lingkungan.

Ada sebuah hadits,

اَلنَّظَافَةُ مِنَ الْإِيْمَانِ
Kebersihan sebagian dari iman.” (HR. Al-Tirmidzi)
Walaupun hadits ini konon adalah hadits lemah, tapi secara maknawi ia sangat bermakna. Apalagi ini diperkuat dengan sabda Rasulullah:
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ

“Bersuci itu separoh keimanan.” (HR. Muslim)  
Maka, atas dasar hal itulah, adanya lomba kebersihan antar kelas ini patut mendapatkan apresiasi dan patut untuk diadakan secara berkala setiap tahunnya.
Demikian yang dapat kami sampaikan, kurang dan lebihnya kami mohon maaf dan akhirnya kami akhiri.. Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.

No comments:

Copyright © Pintar Pidato | Kumpulan Naskah Teks Pidato Terlengkap. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design